Transaksi Non-tunai McDonald’s pada layanan Drive-Thru yang Melalui Youtap Naik Hingga 4 kali lipat

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Di saat pandemi Covid-19 yang masih mewabah, Youtap Indonesia,
perusahaan teknologi yang memiliki fokus layanan membantu pelaku usaha berkomitmen
untuk terus mendorong adopsi transaksi digital yang seiring juga dengan himbauan Bank
Indonesia untuk menggunakan transaksi non-tunai guna mencegah penularan virus Covid-19
tersebut.
Youtap Indonesia telah mengembangkan solusi digital untuk McDonald’s Indonesia, yang
sudah terintegrasi dengan beberapa penerbit uang elektronik seperti LinkAja dan ShopeePay
dan juga dengan aplikasi reward Cashbac. Solusi dengan scanner khusus ini telah terintegrasi
untuk transaksi di kasir counter , self ordering kiosk (SOK), dan drive-thru . Metode transaksi ini
sangat aman digunakan pada saat pandemi Covid-19 ini dimana transaksi dilakukan non-tunai
yang tanpa kontak dan pertukaran media.
Yanti Lawidjaja, Direktur IT dan Keuangan dari McDonald’s Indonesia mengatakan “Solusi
digital non-tunai dari Youtap sangat mendukung inisiatif non tunai kami dan memberikan
keleluasaan kepada pelanggan dalam melakukan pembayaran. Dengan transaksi yang cepat
dan aman melalui solusi Youtap ini, kami juga melihat kenaikan yang signifikan untuk
penggunaan non tunai pada transaksi drive-thru di masa pandemi ini.”
Berdasarkan data yang tercatat oleh Youtap Indonesia, kenaikan pada transaksi non-tunai
pada layanan drive-thru McDonald’s ini mulai terjadi semenjak minggu pertama pengumuman
pandemi, yang sekarang porsinya naik hingga 4 kali lipat dengan rata-rata nilai transaksi
hariannya naik hingga sekitar 170 persen. Saat ini, McDonald’s menitikberatkan pada layanan
McDelivery, drive-thru dan take-away yang semuanya tanpa kontak langsung untuk
mendukung langkah pemerintah dalam melakukan social distancing guna mencegah laju
penyebaran Covid-19.
Herman Suharto, CEO Youtap Indonesia menambahkan “ Kami sangat mengedepankan
layanan kami yang harus selalu tersedia dengan baik. Bahkan dengan diberlakukannya status
PSBB di beberapa kota dikarenakan pandemi ini, tim kami tetap memberi dukungan penuh,
termasuk untuk penambahan pembayaran lainnya di McDonald’s dalam waktu dekat. Ini adalah
bentuk komitmen kami untuk mendukung mitra kami, McDonald’s Indonesia dalam melayani
konsumennya dan mendukung Indonesia untuk melewati masa pandemi Covid-19 ini.”
Sebelumnya, Youtap juga mencatat adanya kenaikan transaksi non-tunai pada
merchant-merchant lainnya di seluruh Indonesia hingga 129 persen, menyusul perubahan
kebiasaan konsumen yang lebih memilih pembayaran non-tunai di masa pandemi Covid-19.
Herman Suharto, CEO Youtap Indonesia mengatakan “ Pandemi Covid-19 memang
memberikan dampak pada banyak entitas bisnis. Saat ini kami terus melakukan edukasi kepada
merchant kami untuk program Bersih, Sehat, Aman: menjaga kebersihan, social distancing, dan
bertransaksi dengan non-tunai. Kami pun mulai mengedukasi bagi merchant UMKM untuk
memberikan layanan pesan antar dengan transaksi non-tunai. Ini adalah momentum kita untuk
mendorong adopsi transaksi digital yang nyaman dan aman.”