Mudahnya Beli Paket Umrah via Superapps BYOND BSI
BSI luncurkan fitur beli paket umrah di superapps BYOND, hadirkan kemudahan akses, fleksibilitas pembayaran, dan promo menarik bagi nasabah.

INFOBRAND.ID, Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) kembali menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan layanan digital yang relevan dan solutif. Melalui superapps BYOND by BSI, masyarakat kini dapat membeli paket umrah travel secara langsung dan mudah. Inovasi ini diresmikan pada 8 Juli 2025 di Kantor Pusat BSI, The Tower, Jakarta, dengan disaksikan oleh pengurus asosiasi travel haji dan umrah seperti AMPHURI, SAPUHI, dan ASPHIRASI.
Direktur Sales & Distribution BSI, Anton Sukarna, menjelaskan bahwa penguatan ekosistem digital menjadi bagian penting dari transformasi yang terus dijalankan perusahaan. Salah satunya diwujudkan melalui penyematan fitur pembelian paket umrah dalam BYOND by BSI.
Baca juga:
- BCA Dukung Rehabilitasi Rumah Dinas TNI AD Lewat Dana CSR
- BTN Perkuat Komitmen Kesetaraan Gender, Pegawai Perempuan Capai 48,9 Persen
“Melalui fitur ini nasabah BSI bisa memilih paket umrah travel yang sesuai dengan keinginan dan kemampuannya," ujar Anton dalam keterangan resmi (8/7/2025).
Fitur baru ini telah memperoleh persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak Februari 2025 dan resmi tersedia di aplikasi BYOND by BSI mulai 23 Juni 2025.
Anton menyebutkan bahwa digitalisasi layanan umrah merupakan respons atas berbagai perubahan, baik dari sisi konsumen maupun regulasi. “Ada perubahan prilaku konsumen dalam mencari informasi, berbelanja dan berinteraksi di era digital,” ungkapnya. Di sisi lain, Pemerintah Arab Saudi juga telah menerapkan kebijakan baru terkait pendaftaran umrah secara digital melalui aplikasi Nusuk, yang menuntut kesiapan dari para penyelenggara layanan.
BSI melihat peluang besar dari tren kenaikan jemaah umrah asal Indonesia, yang tercatat tumbuh sebesar 22% dalam tiga tahun terakhir. Pada tahun 2024, sekitar 1,4 juta jemaah Indonesia menunaikan umrah, sedangkan jumlah jemaah haji rata-rata mencapai 220 ribu orang setiap tahunnya. Melihat potensi ini, BSI terus menyempurnakan layanan, sejalan dengan roadmap transformasi digital yang difokuskan pada penguatan transaksi pada tahun 2025.
Dengan hadirnya fitur pembelian paket umrah ini, nasabah mendapatkan berbagai kemudahan. Paket-paket yang ditawarkan telah dikurasi secara selektif, tersedia dalam berbagai pilihan, dapat diakses kapan pun, memiliki opsi pembayaran yang fleksibel, dan disertai promo menarik yang mendukung kenyamanan ibadah.
“Saat ini sudah ada dua travel haji dan umrah yang sudah ada di BYOND, Ke depan kami harap makin banyak travel yang dapat bekerjasama sehingga semakin banyak pilihan bagi nasabah dan masyarakat. Pada tahap awal ini kami menargetkan penjualan 1.000 paket umrah”, jelas Anton.
BSI juga mencatat bahwa sekitar 87% dari total 3.000 travel haji dan umrah resmi di Indonesia telah menjadi nasabah BSI, dan siap menjalin kemitraan untuk mendukung layanan digital ini. Sebelumnya, kerja sama BSI dengan penyelenggara travel telah dilakukan secara offline, namun pengembangan fitur ini sebenarnya sudah dirancang sejak awal perencanaan BYOND.
Baca juga:
- Direktur Utama BRI Hery Gunardi Nahkodai PERBANAS Periode 2024–2028
- AXA Mandiri Tawarkan Perlindungan Jiwa dan Keuangan Lewat Asuransi Mabrur Insan Syariah
Anton juga menambahkan bahwa fitur ini memberikan lima kemudahan utama, yakni pilihan jadwal, maskapai penerbangan, akomodasi hotel, pengurusan visa, dan kolaborasi dengan travel terpercaya yang sudah dikurasi. Langkah ini menegaskan peran BSI dalam memberikan nilai tambah bagi nasabahnya, serta memperkuat ekosistem halal travel di Tanah Air.